Robert

Minggu, 30 September 2012

Sistem Informasi Manajemen 1

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

1. Uraikan secara singkat mengenai definisi informasi yang kamu ketahui. Kebutuhan informasi apa saja yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya.
  •  Informasi adalah suatu data yang di dapat dari beberapa sumber yang di kembangkan dan di kelola dengan baik oleh seseorang sehingga menjadi sesuatu yang memiliki arti bagi orang tersebut atau orang lain.
  •  Kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan untuk mengembangkan manajemennya adalah sebagai berikut :

       - Pengaruh ekonomi Internasional
       - Persaingan dunia
       - Kompleksitas Teknologi
       - Batas waktu yang singkat
       - Kendala-kendala sosial
sebagai contoh PT LG Electronics, Inc (LG) adalah pemimpin global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile dan home appliances, mempekerjakan lebih dari 84.000 orang yang bekerja di 112 operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. Pada tahun 2008, penjualan secara global mencapai $ 44.7 milyar, LG terdiri dari lima unit bisnis – Home Entertainment, Mobile Communications, Home Appliance, penyejuk udara dan Business Solutions. LG adalah salah satu terkemuka di dunia produsen panel datar TV, produk audio dan video, mobile handset, AC dan mesin cuci.

LG Electronics didirikan pada tahun 1958 dan sejak itu memimpin jalan ke era digital yang maju berkat keahlian teknologi manufaktur yang diperoleh oleh banyak home appliances seperti radio dan TV. LG Electronics telah meluncurkan banyak produk baru, diterapkan teknologi baru dalam bentuk perangkat mobile dan TV digital di abad 21 dan terus memperkuat statusnya sebagai perusahaan global.

PT LG Electronics menggunakan sistem informasi manajemen untuk mengendalikan inventori perusahaan.


2.  Sebut dan jabarkan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ?
  • Manusia : Manajer memberi pengarahan kepada karyawan untuk pekerjaan karyawan
  • Material : Manajer mengelola material yang di butuhkan oleh perusahaan
  • Mesin termasuk fasilitas dan energi : Manajer memberikan mesin fasilitas untuk pekerja agar memperlancar kinerja perusahaan dan memberikan hasil yang maksimal.
  • Keuangan : Manajer mengatur jalannya keuangan pada perusahaan seperti pemasukan dan pengeluaran
  • Informasi : Manajer mencari informasi yang di butuhkan untuk sebuah perusahaan.

3.  Elemen Lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah dihubungkan pada perusahaan dengan menggunakan transmisi elektronik.

1 Variabel Sosial
- Faktor demografik/demografis : seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area.
- Faktor gaya hidup : selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain sebagainya.
- Faktor nilai sosial : adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain.

2. Variabel Ekonomi
Berkaitan erat dengan indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi, produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.

3. Variabel Politik
Faktor-faktor yang terkait dengan kondisi atau iklim perpolitikan di suatu daerah.

4. Variabel Teknologi
Kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien.




Sumber :
1) http://wisnudewobroto.com/sistem-informasi-manajemen-pt-lg-electronic-indonesia-dalam-mengendalikan-inventori/
2) http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/
3) http://aiieblablabla.blogspot.com/2010_10_01_archive.html